MT8888C adalah transceiver DTMF monolitik dengan filter call progress. Dibuat dalam teknologi CMOS konsumsi daya rendah dengan reliabilitas tinggi. Seksi receiver didasarkan atas standar industri receiver DTMF MT8870 dengan transmiter menggunakan DAC tersaklar kapasitor sehingga distorsinya rendah, akurasi sinyal DTMF tinggi. Counter internal menyediakan mode burst, sehingga tone burst dapat ditransmisikan dalam waktu yang presisi. Filter progress dapat dipilih sesuai mikroprosesor yang menganalisa nada call progress.

MT8888C membuituhkan sebuah interface microcontroller Intel, yang mengijinkan suatu device untuk dikoneksikan dengan serial mikrocontroller populer dengan logika eksternal minimal.

MT8888C terintegrasi dalam transceiver DTMF yang terdiri dari receiver DTMF performansi tinggi dengan penguatan amplifier internal yang dapat diatur dan generator DTMF yang melibatkan counter burst untuk mensintesis kepresisian tone burst dan pause. Mode call progress dapat dipilih sehingga frekuensinya yang berada dalam kualifikasi passband dapat dideteksi. Interface mikroprosessor intel yang sesuai seperti 8080, 80C31/51 dan 8085 untuk mengakses register internal MT8888C.

 

 

a. Konfigurasi Input

Susunan input dari MT8888C terdiri dari input op-amp diferensial yang sebaiknya bias source ( VRef ), yang digunakan untuk membias input pada VDD/2. Ketentuan ini untuk hubungan reistor feedback ke output op-amp (GS) untuk mengatur penguatan. Konfigurasi input dapat berupa single ended maupun differensial.

b. Seksi Receiver

Pemisahan dari group nada rendah dan tinggi diwujudkan dengan mengaplikasikan sinyal DTMF kedalam input dari dua filter bandpass orde enam tersaklar kapasitor, bandwidth dari kesesuaian group frekuensi rendah dan tinggi. Filter ini menggabungkan notches pada 350 Hz dan 440 Hz untuk penolakan nada dial yang besar. Beberapa output filter diikuti oleh seksi filter tersaklar kapasitor orde tunggal, dimana sinyal halus terlebih dahulu dibatasi.

Pembatasan diperoleh dengan comparator penguatan tinggi, yang diwujudkan dengan histerisis untuk mencegah pendeteksian sinyal level rendah yang tidak diinginkan. Output dari comparator berbentuk ayunan logika tangga penuh pada frekuensi sinyal DTMF yang masuk.

Seksi filter adalah sebuah dekoder yang menerapkan teknik pernghitungan digital untuk membedakan frekuensi nada yang masuk dan menguji pada kecocokan standard frekuensi DTMF. Algoritma komplek rata – rata menghindari perbedaan nada simulasi dengan sinyal yang tak berhubungan dengan sinyal seperti suara sewaktu menyediakan toleransi untuk deviasi dan variasi sinyal kecil. Algoritma rata – rata ini dibuat untuk menjamin kombinasi optimum dari kekebalan untuk talk-off dan toleransi untuk menampilkan frekuensi penggangu ( nada ketiga ) dan noise. Ketika detektor menerima kehadiran dua nada valid ( ini ditunjukkan sebagai “sinyal pengkondisi” dalam beberapa spesifikasi industri ) output “Early Steering” (Est) akan menjadi berstatus aktif. Apapun kerugian berikutnya dari sinyal pengkondisi akan menyebabkan Est kedalam keadaan tidak aktif.

c. Rangkaian Kemudi

Sebelum terdata pada pasangan nada pengkode, receiver mengecek kebenaran durasi sinyal ( ditunjukkan sebagai kondisi penunjukkan karakter ). Pengecekan ini ditentukan dengan tetapan waktu RC eksternal dikendalikan oleh ESt. Logika tinggi, pada ESt menyebabkan Vo naik sekaligus mengosongkan muatan kapasitor. Disediakan sinyal kondisi terjamin ( ESt masih tinggi ) untuk mengijinkan periode, Vc mencapai threshold (VTSt) dari logika kemudi untuk register pasangan nada, menahan kode 4 bit yang diterima ke dalam Receiver Data Register. Pada keadaan ini, output GT diaktifkan dan mengemudikan Vc ke VDD. GT tetap menjadi tinggi selama ESt masih tinggi. Akhirnya, setelah waktu tunda pendek mengijinkan latch output untuk menset, output bendera kemudi tunda menjadi tinggi, menandakan bahwa pasangan nada yang diterima terdata. Status dari bendera kemudi tunda dapat dimonotor dengan mengecek kecocokan bit dalam status register. Jika mode interrupt dipilih, pin IRQ/CP akan menjadi rendah ketika bendera kemudi tunda aktif.

Isi dari latch output diperbaharui pada transisi aktif kemudi tunda. Data ditampilkan dalam 4 bit data bus bidireksional ketika Receive Data Register membaca. Rangkaian kemudi bekerja berkebalikan untuk mengijinkan pause antar digit diantara sinyal. Demikian, sebaliknya juga sinyal pendek dianggap valid, receiver akan mentoleansi juga sinyal interrupsi ( keluaran ) pendek dianggap pause valid. Fasilitas ini, bersama dengan kapabilitas dari pemilihan konstanta waktu kemudi secara eksternal, mengijinkan pendesain merancang penampilan untuk menemukan macam – macam variasi dari kebutuhan sistem.

d. Generator DTMF

Transmitter DTMF dalam MT8888C / MT8888C-1 dapat menghasilkan 16 pasangan nada DTMF standard dengan distorsi rendag dan akurasi tinggi. Semua frekuensi diturunkan dari kristal eksternal 3,579545 MHz. sinyal sinus pada masing – masing tone disintesis secara digital menggunakan pembagi baris dan kolom yang terprogram dan swaitch kapasitor DAC. Nada baris dan kolom dicampur dan di filter menyediakan suatu sinyal DTMF dengan total harmonic yang rendah dan akurasi tinggi. Untuk menspesifikasi sinyal DTMF, penyesuaian data ke format encode harus dituliskan pada register transmisi data yang sama dengan kode output receiver. Masing – masing nada rendah dan tinggi yang dihasilkan merujuk pada group nada rendah dan group nada tinggi. Secara tipikal, group nada rendah rasio amplitudonya adalah 2 dB untuk kompensasi pada pelemahan kelompok tinggi sepanjang loop.

Periode masing – masing nada berisi 32 segmen waktu yang sama. Periode nada dikontrol oleh variasi panjang segmen waktu. Selama operasi penulisan ke transmit data register, 4 bit data pada bus di latch dan dikonversi ke 2 dari 8 kode untuk digunakan oleh rangkaian pembagi terprogram. Kode ini digunakan untuk menspesifikasi pengalokasian panjang waktu, yang mana akan ditentukan secara tersendiri, frekuensinya pada tone. Ketika pembagi mencapai hitungan yang mendekati, seperti ditentukan oleh kode input, pulsa reset dibangkitkan dan counter menghitung lagi. Jumlah alokasi waktu yaitu tepat pada 32, dengan variasi panjang segmen seperti diuraikan diatas. Frekuensinya juga dapat divariasi.

Kode yang digunakan dengan switch kapasitor DAC untuk penyediaan terpisah dan level tegangan DC yang tinggi, dua rangkaian yang dikenal diaktifkan untuk menghasilkan nada baris dan kolom, yang kemudian dicampur menggunakan penguat penjumlah dnegan noise rendah. Oscilator tidak membutuhkan ‘start-up’ time seperti pada DTMF yang lain, selama kristal oscilator berjalan terus yang menyediakan nada burst tingkat tinggi yang akurat. Untuk fungsi encode dan decode dari MT8888C seperti pada tabel kebenaran DTMF diatas.

e. Fungsi Register Internal
Fungsi ini untuk mengatur jalannya register internal yang ada di IC DTMF.

 

Iklan