Pengiriman data yang dapat dilakukan oleh DTMF dapat melalui sebuah kabel konduktor ataupun melalui sebuah hantaran elektromagnet berupa gelombang. Sinyal yang telah dibangkitkan kemudian dihantarkan langsung melalui kabel konduktor untuk kemudian diterima dan diproses pada bagian receiver.

Kelebihan dari penggunaan kabel konduktor adalah dari segi penghematan biaya. Data dari DTMF dapat langsung dikirimkan dengan terlebih dahulu melewati penguat. Tapi dengan penggunaan kabel maka akan terbatasi oleh panjangnya kabel sebagai konduktor.

Tapi jika menggunakan pancaran gelombang elektromagnetik maka terlebih dahulu data yang dikeluarkan dimodulasikan dengan gelombang carier, bisa menggunakan FM ( Frekuensi Modulation ) maupun AM ( Amplitudo Modulation ). Proses pe-modulasian sinyal DTMF dengan gelombang carier FM berarti sinyal data DTMF dimodulasikan pada frekuensinya. Frekuensi sinyal data dimodulasikan dengan frekuensi gelombang carier. Tapi jika menggunakan gelombang carier AM maka data akan dimodulasikan pada bagian Amplitudonya dari gelombang carier.

Untuk detailnya, maka akan dilihat secara individual per komponen IC DTMF pada contoh komponen DTMF dibawah.

Iklan