Sangkar Faraday dan applikasinya untuk noise

Pada rangkaian elektronik terutama pada bagian penguat keberadaan noise sangat tidak diinginkan, oleh karena itu maka perlu dirancang sebuah rangkaian yang memiliki noise yang rendah. Untuk merancang sebuah peralatan dengan noise rendah maka perlu diketahui asal usul dan penyebab terjadinya noise. Salah satu penyebab terjadinya noise adalah adanya gelombang elektromagnet liar yang masuk kedalam rangkaian dan mengenai bagian rangkaian/komponen yang peka terhadap gelombang elektromagnet sehingga terjadi berinterferensi dengan pulsa sistem lalu menimbulkan pulsa yang acak, dan liar tak terkendali. Maka perlu dibuat sebuah pelindung untuk menahan gelombang elektromagnetik masuk kedalam sistem terutama pada bagian/komponen yang peka terhadap gelombang elektromagnet, dan sangkar Faraday adalah sebuah sistem yang cukup dapat diandalkan untuk melindungi sistem dari elektromagnetik luar.

Penggunaan sangkar Faraday untuk meredam noise dapat dilakukan dengan membungkus/melingkupi seluruh rangkaian dengan sebuah sangkar Faraday, cara ini lebih murah dan lebih mudah karena hanya diperlukan sebuah sangkar Faraday, tetapi cara ini hanya dapat melindungi rangkaian dari gelombang elektromagnetik luar dan tidak dapat melindungi bagian/komponen yang peka dari gelombang elektromagnet yang ditimbulkan oleh komponen-komponen lain yang ada di dalam rangkaian.

Cara lainnya adalah dengan membungkus komponen atau bagian rangkaian yang peka terhadap gelombang elektromagnetik dengan sangkar Faraday untuk melindungi komponen tersebut dari gelombang elektromagnetik baik yang berasal dari luar rangkaian atau pun yang berasal dari komponen atau bagian lain dari rangkaian tersebut. Namun bila diperlukan dapat juga dipakai kedua cara penggunaan sangkar Faraday tersebut secara bersamaan.

Penggunaan sangkar Faraday pada rangkaian elektronika telah banyak membantu untuk mengurangi adanya noise, akan tetapi kita tidak mungkin untuk membuat sebuah rangkaian elektronik yang terbebas dari noise sama sekali. Hal ini disebabkan karena noise tidak hanya dari gelombang elektromagnet saja, namun bisa juga dari arus listrik pada rangkaian itu sendiri. Selain itu, pada kenyataannya sangkar Faraday bukanlah sebuah perisai sempurna terhadap gelombang elektromagnet, sangkar Faraday juga mempunyai keterbatasan dalam menahan gelombang elektromagnet. Faktor-faktor yang membatasi kemampuan perisai sangkar Faraday, antara lain :

  1. Karena adanya hambatan listrik pada konduktor, maka tidak medan listrik yang dihasilkan untuk melawan tidak sama dengan medan listrik yang datang, sehingga tidak semua medan yang datang dapat ditahan.
  2. Kebanyakan konduktor menunjukkan gejala ferromagnetik pada frekuensi rendah sehingga tidak semua medan listrik yang datang dapat ditahan.
  3. Adanya hole pada konduktor yang menghalangi arus listrik yang melewatinya sehingga medan listrik yang dihasilkan tidak sepenuhnya berlawanan dengan medan listrik yang datang, hal ini akan mengurangi kemampuan perisai.

Dari uraian diatas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa :

Walaupun sangkar Faraday memiliki beberapa keterbatasan namun, sangkar Faraday masih merupakan cara yang efektif untuk meredam noise pada pada rangkaian elektronik, karena sebagian besar noise yang timbul pada rangkaian elektronik berasal dari gelombang elektromagnet liar.

Iklan