Temperatur dan kelembaban merupakan aspek yang penting dalam menentukan kondisi pada suatu daerah.Pada alat instrumentasi medis khusunya Baby incubator sangat memerlukan sensor tersebut guna untuk mendeteksi temperature.

IC LM135 adalah sebagai sensor suhu yang sangat teliti terkemas dalam bentuk Integrated Circuit, dimana output tegangan keluaran sangat linier berpadanan dengan perubahan suhu. Sensor ini mempunyai koefisien sebesar 10 mV/°C yang berarti bahwa setiap kenaikan suhu 1°C maka akan terjadi kenaikan tegangan sebesar 10 mV.

LM 35 tidak memerlukan pengkalibrasian atau penyetilan dari luar karena ketelitianya sampai lebih kurang seperempat derajat celcius pada. Pada komponen ini mempunyai jangkauan (range) pengukuran suhu yang cukup besar, dari suhu –55°C sampai 150°C, serta tingkat ketelitian pengukuran cukup tinggi. Setiap perubahan suhu 1°C tegangan keluaran berubah sebesar 0,01 volt (10 mV). Komponen ini bekerja pada arus 450 mA sampai 5 mA serta mempunyai impedansi masukan kurang dari 1 W.

Prinsip Kerja Sensor
Lm 135 adalam sensor temperatur yang cukup presisi dan mudah dikalibrasi. Dengan impedansi yang kurang dari 1 Ohm, Lm135 beroperasi pada range arus sekitar 400µA sampai dengan 5 mA, mempunyai error kurang dari 1 OC untuk range yang > 100 OC, aplikasi sensor berkisar antaara –55 OC sampai + 150 OC, Dapat dikatakan bahwa Lm 135 memiliki output yang linear.

Di dalam Lm135 terdapat sebuah sambungan dengan sebuah pegangan untuk mengatur terminal untuk melakukan kalibrasi. Ketika T adalah sebuah temperatur yang tidak diketahui dan sementara To adalah temperatur referensi, dengan kalibrasi terhadap keluaran untuk membaca satu nilai temperatur dengan benar maka keluaran pada seluruh temperature akan bernilai benar.
Berkenaan dengan pengaruh cahaya dan temperatur yang membuat elektron-elektron pada pita valensi akan melakukan pergerakan. Dalam dioda, elektron bergerak dari katoda ke anoda. Pergerakan ini menimbulkan perbedaan potensial dan menimbulkan arus listrik. Tegangan dan arus listrik inilah yang menjadi informasi pada sistem untuk melakukan analisis dengan menambahkan rangkaian op-amp untuk menguatkan sinyal dari sensor dan membandingkan antara informasi yang diterima dengan referensi pada komparator sebagai pembanding apabila sistem menggunakan komparator. Atau menggunakan mikrokontroler, informasi yang diterima akan dibandingkan melalui software.
Jadi dengan menggunakan sensor Lm135 pada alat Baby Inkubator maka antara suhu yang terdeteksi dan suhu yang disetting akan membandingkan secara akurat.

Iklan