Pada dasarnya Straingauges (piezoresistor) adalah suatu piranti yang akan berubah resitansinya jika dikenai sebuah tegangan. Starin = regangan, gauges = materi,ada dua komponen utama efek piezoresistif pada kebanyakan material yaitu komponen geometric dan komponen resitif.

Konstruksi Straingauges

v Arah perapatan/peregangan dibuat sepanjang mungkin

v Arah tegak lurus perapatan/peregangan dibuat sependek mungkin

Komponen geometric suatu piezoresitif pada dasrnya terdapat adanya fakta bahwa suatu element yang diregangkan aikan juga merubah dimensinya. Perbahan luas tampang lintang dan panjang ini akan mempenaruhi resistansu piranti tersebut.

Penggunaan Straingauges Cair

Straingauges cair digunakan di rumah sakit untuk pengukuran fluktasi tekanan darah (Pada gambar 2) suatu selang karet yang diisi dengan merkuri dililitkan pada lengan pasien sehingg fluktasi pada tekanan darah dapat dilihat pada perekram bergrafik dan bentuk pulsa tekann darh dan dapat digunakan untuk mendiagnosis kondisi pembuluh darah . Pada rumah sakit modern saat ini piranti tersebut sudah diganti dengan instrument strain gauge padat. Pada Strain gauge digunakan untuk mengukur perpindahan yang sangat kecil akibat pembengkokan atau peregangan sehingga mengakibatkan pada strain gauge tersebut memanfaatkan perubahan resistansi

Iklan